Jurnal pangan nasional dari Indonesian Food Technologists® - IFT

Inilah Kekeliruan Umum yang Sering Terjadi pada Manuskrip ("KODE 19")

Jika artikel Anda tidak diproses oleh redaksi JATP ataupun masuk dalam kategori revisi umum (atau dengan istilah KODE 19), maka redaksi akan memberi tahu informasi tersebut secara global dan mohon perhatikan kesalahan penulisan yang sering terjadi. Mohon segera dapat merevisi artikel lalu silakan submit kembali melalui system online JATP di www.jatp.ift.or.id.  
  1. Tidak ada judul dan abstrak dalam bahasa Inggris
  2. Judul terlalu panjang (harusnya ≤30 kata)
  3. Abstrak terlalu panjang (harusnya ≤250 kata) dan tidak memenuhi kaidah penulisan abstrak yang seharusnya minimal berisi tujuan penelitian, metode, hasil penelitian, kesimpulan, dan manfaat. 
  4. Nama penulis yang disingkat, harusnya tidak boleh disingkat
  5. Sistematika artikel tidak sesuai dengan aturan JATP yang seharusnya adalah memiliki sub judul: abstrak, pendahuluan, materi dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, ucapan terimakasih (tentativ), serta daftar pustaka
  6. Dalam akhir alenia sub judul pendahuluan, tidak disertai tujuan dan manfaat penelitian
  7. Materi yang dijelaskan dalam artikel terlalu singkat/sedikit
  8. Metode terlalu singkat sehingga tidak jelas dan tidak bisa diulang penelitiannya oleh peneliti lain. Penulisan metode dengan kalimat perintah/kalimat aktif/kalimat tidak lengkap, misalnya: timbang 5 g sampel dst/penulis menimbang 5 g sampel dst/menimbang sampel 5 g. Seharusnya ditulis dengan kalimat pasif, misalnya: sampel ditimbang sebanyak 5 g dst.
  9. Metode tidak disertai dengan sitasi, harusnya disertai dengan sitasi darimana metode tersebut didapat.
  10. Dalam sub judul terdapat sitasi, seharusnya sitasi ada didalam isi artikel
  11. Gambar atau figur serta tabel tidak nampak dengan jelas (kabur) dan menampilkan data duplikat dari sumber data yang sama
  12. Terdapat istilah lain selain gambar, figur, tabel
  13. Style tabel yang tidak ditulis berdasarkan EYD (contohnya penggunaan titik koma) dan tidak memenuhi kaidah penulisan tabel di JATP
  14. Gambar, figur, serta tabel yang tidak diletakkan di halaman paling belakang
  15. Kesimpulan dan saran yang terlalu panjang dan melebihi satu paragraf
  16. Cara penulisan sitasi yang keliru
  17. Penulisan daftar pustaka yang tidak sesuai aturan, ada pustaka "anonim" serta ada pustaka dari bukan academic sources contohnya blog
  18. Sitasi tabel, figur, dan gambar yang keliru dan penulisan satuan unit yang tidak mengikuti sistem MKS. Penyingkatannya juga terkadang keliru, misal gram disingkat menjadi gr. Minim keterangan atau legend, terdapat warna (harusnya hitam putih, kecuali memang bermaksud cetak warna - cetak warna akan terkena biaya tambahan) 
  19. Konten artikel yang tidak mencerminkan judul atau tidak sesuai dengan aim dan scope JATP. Terdapat penulisan satu paragraf yang hanya terdiri dari satu kalimat, seharusnya terdiri dari 2-3 kalimat. Terdapat kata sambung di awal kalimat. Kalimat tidak ditulis bentuk lampau.

Untuk menghindari hal tersebut, silakan download salah satu artikel yang mempunyai kedekatan dengan topik artikel Anda lalu kiranya dapat mencermati cara penulisannya.

Kami selalu menantikan artikel Anda untuk dapat dipublikasikan dengan segera pada JATP. 

Selamat menulis.